Buah atau apapun itu, akan dianggp aneh atau unik ketika baru pertama kami ditemukan, dilihat atau dicoba. Orang kota bahkan bisa histeris melihat pohon pepaya karena selama ini hanya tau buah pepaya metiknya di supermarket. Atau ada yang dengan polosnya mengatakan; “oh, jadi ini pohon beras?” ketika pertama kali melihat hamparan sawah dengan padi yang sedang menguning.

Buah merupakan salah satu produk alam yang menyehatkan. Buah umumnya mengandung sejumlah gizi serta protein yang bagus bagi tubuh manusia. Buah-buahan memiliki warna serta bentuk yang berbeda tergantung dari jenis buah tersebut.

Di dunia ini ada beberapa jenis buah yang dianggap aneh serta unik karena memiliki bentuk yang dianggap tidak biasa. Berikut ini merupakan 5 buah paling aneh dan unik yang dirangkum dari seluruh belahan dunia.

  1. Buddha’s Hand

Buah dengan bentuk aneh yang pertama adalah Buddha’s Hand. Jenis buah ini diberi nama Budha karena memiliki bentuk yang mirip seperti jari-jari tangan manusia. Buah yang berasal dari tanah Asia ini memiliki kulit yang cukup tebal dengan sedikit daging di dalamnya.

Buddha’s Hand memiliki bau jeruk yang sangat kuat. Di China banyak orang yang memanfaatkannya sebagai buah pengharum ruangan. Sementara orang Barat sering menggunakannya sebagai bahan masakan dan dianggap sebagai buah yang berharga.

  1. Buah Durian

Buah durian, khas dengan aroma dan duir pada kulit buahnya. Nama durian tidak ada padanannya di dalam bahasa manapun yang menambah keunikannya. Kalau pisan, dalam bahasa-bahasa di dunia sampai bahasa daerah pasti ada nama tersendiri.

Indonesia menjadi pusat Durian dunia, yang tersebar terutama di pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan; tentu saja termasuk pulau-pulau lain seperti juga Bali dengan beberapa daerah yang memiliki durian terkenal, seperti duren Bestala, Durian Ki Raja Madenan. Banyak jenis durian yang dianggap lokal, ada juga yang yang dianggap nasional, mungkin durian hasil persilangan atau rekayasa genetika.

  1. Buah Kiwano

Kiwano yang juga dikenal sebagai Horned Melon merupakan buah asli dari Afrika. Buah ini juga dapat ditemukan di Chili, Australia, California dan Selandia Baru. Kiwano banyak digunakan sebagai buah dekorasi pada hidangan.

Buah kiwano memiliki duri pada bagian luarnya dan bagian dalam buah seperti jeli dengan warna hijau dan berair. Kiwano sering disebut-sebut sebagai buah perpaduan antara timun, pisang dan jeruk.

  1. Rambutan Termasuk Buah Unik

Beruntung bagi anda yang tinggal di Indonesia, karena ada banyak jenis buah yang dianggap aneh dan unik bisa ditemukan disini. Salah satunya adalah rambutan. Bagi orang asing, banyak yang menganggap rambutan sebagai buah aneh karena memiliki bentuk yang bulat dengan bulu-bulu panjang di luarnya.

Terlepas dari bentuk anehnya, rambutan memiliki rasa yang manis dan segar sehingga banyak orang akan jatuh hati setelah memakannya. Rambutan juga kaya akan vitamin serta gizi yang baik bagi kesehatan. Bukan hanya rambutan, ada pula buah durian serta buah naga yang dianggap aneh dan unik di luar negeri.

  1. Wood apple (Kuista)

Buah unik yang selanjutnya adalah wood apple, yang di Jembrana – Bali disebut buah Kuista. Jenis buah ini juga dapat ditemui di daratan India dan Srilanka. Apel kayu memiliki struktur kilit buah yang keras sekeras kayu. Buah ini memiliki warna yang berbeda dari jenis apel kebanyakan mulai dari kuning, hijau hingga abu-abu.

Di India wood apple banyak digunakan sebagai pengobatan alternatif dalam dunia kesehatan, dan merupakan jenis pohon yang dijaga dan dirawat karena dianggap sebagai pohon suci oleh umat Hindu. Di Jembrana – Bali, pohon ini belum banyak diperhatikan dan dibudidayakan, hanya tumbuh dan dibiarkan begitu saja selama tidak mengganggu tanaman lain.

Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang banyak digemari karena umumnya memiliki rasa yang enak dan manis. Meski demikian tidak semua jenis buah-buahan dapat dimakan secara sembarangan karena ada juga yang mengganggu kesehatan bahkan mematikan, misalnya makan durian satu truk sendirian.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here