manfaat serai

Serai. Sekilas, tanaman ini mungkin memang hanya terlihat seperti rerumputan biasa. Namun kita semua pasti familier dengan nikmatnya citarasa yang ditimbulkan saat herbal ini ditambahkan ke hidangan kita. Tidak berhenti disitu, konsumsi serai tidak hanya memanjakan indera perasa dan penciuman Anda. Dalam serai terdapat berbagai kandungan bioaktif seperti antioksidan, flavonoid, dan senyawa fenol yang memberi segudang manfaat serai untuk tubuh yang harus Anda ketahui.

1. Detoksifikasi

Dengan semakin bertambahnya konsumsi pangan olahan serta gaya hidup sibuk dan bertempo cepat, tubuh semakin terpapar dengan zat-zat asing yang tidak ramah. Ditambah lagi polusi yang sudah menjadi ‘makanan’ tubuh kita sehari-hari. Serai membantu membersihkan tubuh dari zat sisa yang bersifat toksin karena memiliki sifat diuretik (memicu produksi urin). Ini tentunya membantu kerja ginjal dan hati Anda sekaligus menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, serai juga merangsang sistem pencernaan dan peredaran darah Anda sehingga zat sisa yang menumpuk dalam tubuh Anda dapat dibuang dengan lebih mudah.

2. Menyehatkan kulit

Serai mengandung berbagai senyawa bioaktif yang memiliki sifat antibakterial. Artinya, aplikasi serai pada kulit dapat mencegah infeksi kulit dan mengurangi masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri, misalnya selulitis. Selain itu, serai juga bersifat anti-jamur sehingga dapat digunakan untuk mengatasi infeksi jamur. Serai mampu mengencangkan kulit, mengecilkan pori-pori, dan mengurangi produksi minyak berlebihan dari kulit, sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menjaga kecantikan. Anda dapat memperoleh manfaat serai untuk kulit dengan mencampurkan irisan serai ke dalam minyak zaitun lalu dipanaskan selama lima menit dan didinginkan sebelum dioleskan ke kulit.

3. Meredakan stress

Serai memiliki efek sedatif, dalam artian serai dapat menenangkan dan meredakan sakit kepala yang disebabkan oleh stres. Konsumsi serai diketahui dapat mengaktivasi produksi serotonin, zat kimia dari otak yang dapat memberi efek anti-depresi dan memperbaiki mood. Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi serai dapat menenangkan aktivitas otak berlebih dan memperbaiki tidur sehingga sangat cocok untuk mengatasi stres. Konsumsi teh dengan campuran serai merupakan cara yang dianjurkan untuk mendapatkan manfaat ini.

4. Mengontrol gula darah

Serai diketahui memiliki aktivitas anti-diabetes dengan menghambat kerja enzim beta-glukosidase yang berfungsi untuk melepaskan glukosa (gula) ke dalam darah. Dengan begitu, konsumsi serai dapat meningkatkan metabolisme karbohidrat sehingga gula darah pun akan terserap ke dalam sel dan tidak menumpuk di plasma darah. Selain itu, konsumsi serai juga dapat meningkatkan sekresi insulin yang membantu menjaga kadar gula darah serta menghambat kerja glukagon yang melepaskan gula ke dalam darah, sehingga berpotensi menurunkan resiko diabetes khususnya untuk kaum pre-diabetes.

5. Melawan radikal bebas

Kata ‘radikal bebas’ sepertinya merupakan kata yang sangat dikhawatirkan banyak orang pada jaman modern ini. Mengapa demikian? Sebenarnya radikal bebas merupakan senyawa yang sangat alami, tubuh kita bahkan memproduksi radikal bebas dari beberapa proses metabolisme sebagai mekanisme pertahanan. Yang berbahaya adalah jika jumlah radikal bebas ini tidak dapat ditangani oleh tubuh kita, yang juga dikenal dengan keadaan ‘stres oksidatif’. Kelebihan radikal bebas, jika dibiarkan berlambat laun, dapat memicu mutasi sel kita dan mengakibatkan pertumbuhan sel tidak normal, atau tumor dan kanker, dan berbagai penyakit lain.

Kabar baiknya, serai telah menunjukkan sifat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan dalam serai yang berjasa untuk memberikan efek antioksidan ini adalah tannin dan flavonoid. Serai juga mendukung aktivitas enzim dalam tubuh kita yang bertugas melawan radikal bebas. Baik daun maupun batang serai telah menunjukkan aktivitas antioksidan ini. Untuk efek yang lebih maksimal, konsumsi serai sebagai campuran dalam teh herbal dengan rempah lain seperti kunyit atau cengkeh.

Manfaat serai untuk kesehatan eksternal maupun internal, fisik maupun psikologis tidak perlu Anda ragukan lagi. Selamat mengkonsumsi serai!

SHARE
Jurnalisme warga (Citizen journalism) | foto, video, film, creative-writing, esai dan fiksi. Ayo tulislah ceritamu! dan bagikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here