makanan-olahan-pisang

Siapa yang tak kenal buah pisang? Si kuning manis yang lembut dan bergizi ini disukai semua orang, dari bayi sampai kakek-nenek. Saya yakin anda pernah menikmati salah satu jenis kreasi olahan dari buah pisang. Dari kampong sampai ke kota, makanan dari buah pisang jamak disajikan, mulai dari olahan yang praktis seperi pisang gorang hingga yang lebih kompleks seperti es krim pisang.

Pisang, selain mudah didapat harganyapun sangat terjangkau oleh setiap lapisan masyarakat. Ada banyak jenis pisang yang tersedia di pasaran, pisang jenis apapun yang matang rata – rata rasanya semua manis. Kalau masih muda atau mentah, rasanya sepat karena ada getahnya namun masih tetap bisa diolah menjadi keripik pisang.

Buah pisang banyak mengandung mineral, karbohidrat, provitamin A, vitamin B, B6, vitamin C, vitamin E dan masih banyak lagi. Buah pisang juga mudah di cerna dan kaya akan serat yang dibutukhan usus besar kita untuk mencegah terjadinya kanker usus. Selain itu mengkonsumsi buah pisang dapat menghilangkan stress, menguatkan tulang dan gigi, menghaluskan kulit dan menangkal radikal bebas.

Buah pisang yang sudah matang bisa langsung dimakan setelah dikupas kulitnya, bisa juga dijadikan berbagai jenis olahan makanan dan minuman.

Kreasi Makanan Olahan Praktis dari Buah Pisang

1. Es Krim Pisang Lembut Bernutrisi

Siapa yang tidak suka es krim? Sepertinya semua orang menyukai es krim. Nah es krim dengan campuran pisang ini mengandung banyak nutrisi. Es krim yang terbuat dari susu kaya akan kalsium dan nutrisi untuk menguatkan tulang, gigi, gusi, dan menambah energi, di tambah lagi dengan pisang yang kaya akan vitamin C. Semua itu menjadikan es krim pisang ini cemilan bergizi yang enak di konsumsi dan praktis untuk di buat di rumah sebagai santapan di saat santai bersama keluarga anda.

2. Pancake Pisang / Banana Pancake

Pancake yang terbuat dari tepung, mentega, telur, susu bubuk, dan sedikit gula, dicampur dengan air, lalu di goreng di atas penggorengan bulat yang datar dengan sedikit mentega. Disajikan hangat dengan potongan buah pisanga dan siraman madu akan sangat nikmat untuk sarapan pagi keluarga anda. Kandungan nutrisi yang ada pada pisang dan energi pada madu akan membuat pagi anda penuh semangat, dan melancarkan daya pikir anak – anak di sekolah.

3. Kolak Pisang

Kolak pisang adalah makan khas Indonesia. Biasanya kolak pisang selalu ada pada saat bulan Ramadhan tiba. Di jual di stan – stan makanan kaget yang menyajikan takjil untuk berbuka puasa. Namun saat ini kolak pisang juga bisa kita dapatkan setiap pagi di warung – warung kecil yang menjual sarapan pagi. Kolak pisang biasanya dikombinasikan dengan buah labu, buah nangka, buah kolang kaling, kacang hijau, ubi rambat, atau ubi kayu. Dimasak dengan santan kelapa dan diberi gula merah, terasa berlemak dan manis. Praktis dan gampang membuatnya.

4. Pisang Goreng

Pisang goreng adalah makanan yang sangat popular di kalangan masyarakat kita. Enak disajikan saat masih hangat dengan secangir kopi panas atau segelas teh hangat. Pisang goreng terbuat dari bahan buah pisang, tepung beras, susu bubuk dan sedikit gula, lalu di goreng dengan minyak yang panas. Saat ini pisang goreng tidak hanya dijual di pedagang asongan pinggir jalan saja, melainkan bisa kita jumpai sebagai menu makanan ringan yang disajikan di tempat makan atau restoran yang ada di mal – mal besar, yang biasanya dikombinasikan dengan taburan keju parut atau coklat mesis di atasnya. Gampang kan membuatnya? Yuk di coba.

5. Es Pisang Segar

Es pisang segar enak untuk di minum saat cuaca panas, akan terasa segar dan nikmat. Caranya siapkan buah pisang yang sudah matang, lalu potong buah pisang bulat – bulat. Siapkan susu kental manis dan gula, larutkan dengan sedikit air. Masukkan potongan – potongan pisang dengan larutan susu dan gula tadi. Kemudian beri sedikit es batu. Nah es pisang segar sudah siap untuk di santap. Praktis bukan?

Seperti yang kita ketahui buah pisang selain dapat dijadikan sebagai bahan dalam membuat bermacam – macam makanan dan minuman, dapat juga di gunakan sebagai bahan dalam membuat masker untuk kecantikan, dan kandungan nutrisi serta vitamin yang ada di dalamnya dapat dijadikan sebagai pencegah berbagai macam penyakit.

Demikianlah artikel singkat tentang kreasi olahan praktis dari buah pisang kali ini. Semoga bisa mendatangkan semangat bagi anda untuk mencobanya. Ikuti terus artikel–artikel informatif kami lainnya seputar buah pisang dan buah–buahan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here