Manfaat Buah Jeruk

Begitu banyaknya kandungan gizi yang ada di dalam buah jeruk. Buah yang sangat popular ini dikenal sebagai buah yang banyak mengandung vitamin C. Tak hanya vitamin C, jeruk juga kaya akan kandungan manfaat lainnya seperti pektin, folat, vitamin B1, vitamin A, flavanoid beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan beta cryptoxanthin. Jeruk juga mengandung potasium, tembaga,kalsium, dan asam pantotenik dalam jumlah yang cukup banyak.

Kandungan lain yaitu kandungan fitonutrien yang ada pada jeruk sangat beragam, antara lain citrus flavanones, hesperidin, naringin, naringenin, dan beberapa polifenol lainnya. Manfaat – manfaat dari buah jeruk dapat kita baca di bawah ini:

Pengobatan alami dari buah jeruk

  1. Memutihkan gigi

Kulit jeruk yang sering kita buang pada saat makan jeruk ternyata berguna untuk menghilangkan warna hitam pada gigi.

Caranya sangat mudah, hanya perlu menggosokkan kulit jeruk bagian dalam yang berwarna putih ke gigi yang hitam. Cara alami ini dapat dilakukan sesering mungkin untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Selain itu Jeruk nipis dan garam mempunyai manfaat yang sama yaitu, vitamin C pada jeruk nipis mampu mengikis warna hitam yang menempel pada gigi. Sementara kandungan garam mampu membunuh kuman pada gigi. Caranya belah jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu taburkan garam diatasnya, kemudian gosokkan pada gigi yang berwarna hitam.

  1. Obat batuk

Batuk adalah penyakit yang pernah dialami oleh setiap orang. Campuran jeruk nipis dengan beberapa bahan juga sangat manjur dalam mengobati batuk. Bahan – bahan yang digunakan adalah:

  • 1 buah jeruk nipis atau jeruk lemon
  • 2 sdm madu
  • ½ cangkir kecil air putih hangat

Caranya campur semua bahan, aduk rata, kemudian minum selagi hangat.

  1. Menurunkan berat badan

Badan langsing dan indah adalah idaman setiap orang, apalagi bagi para wanita. Jeruk nipis menjadi salah satu penolongnya.

Caranya pada teh hangat yang anda minum setiap pagi tambahkan 2 – 3 sendok makan perasan jeruk nipis. Iringi dengan melakukan olah raga untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Selain itu agar berat badan tetap ideal kandungan  antioksidan antingerin yang ada di dalam jeruk sangat membantu.

  1. Mengurangi resiko terkena radang sendi dan meningkatkan daya tahan tubuh

Didalam American Journal of Clinical Nutrition, berdasarkan penelitian yang mereka lakukan, menyatakan bahwa minum segelas sari jeruk setiap hari dapat menurunkan resiko akan terkenanya radang sendi secara signifikan.

Vitamin C pada jeruk dapat membantu tubuh meningkatkan resistensi terhadap kuman penyebab penyakit, termasuk penyakit flu dan infeksi telinga, karena ia merupakan anti oksidan larut air yang utama dalam tubuh kita.

  1. Mencegah terbentuknya batu ginjal dan menurunkan resiko kanker usus besar

Jeruk juga dapat membantu mengurangi kalsium oksalat dan mingkatkan kadar pH dan ekskresi asam sitrat pada wanita yang meminum ½ – 1 liter jus jeruk, anggur dan apel setiap hari. Begitu menurut penelitian yang  diterbitkan British Journal of  Nutrition.

Kayanya kandungan vitamin C yang ada di dalam jeruk merupakan antioksidan alami yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas pemicu kanker. Selain itu tingginya serat pada jeruk dan pektin dapat melindungi membran mukosa pada usus besar dari resko terkenanya kanker usus besar.

Sepertinya sudah tidak heran lagi jika didalam buah jeruk memang banyak terkandung bermacam – macam vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh kita. Begitulah tadi ulasan singkat tentang  5 pengobatan alami dari buah jeruk, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda seputar buah jeruk.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here