buah-nangka-hortikultura

Buah Nangka pasti tidak asing bagi anda. Kita biasa mengkonsumsi nangka matang atau mentah, diolah menjadi sayur, kolak, kue, kripik dan sebagainya.

Nangka dengan nama latin Artocarpus adalah salah satu buah yang sangat banyak tumbuh dan dibudidayakan di negara kita, karena pasarnya yang cukup luas mulai dari pasar – pasar tradisional hingga supermarket.

Buah nangka bentuknya bervariasi, mulai dari seukuran bola voli dengan kulit berwarna hijua muda hingga yang berukuran besar dengan kulit berwarna kuning. Daging buah nangka saat muda berwarna cokelat muda dan saat tua atau telah matang daging buahnya akan berubah menjadi kuning dengan tekstur yang lebut dan rasa yang manis.

Buah nangka mengandung gizi, kalori, protein, serat yang tinggi, vitamin A, C,  dan B kompleks, serta mineral. Dengan deretan kandungan gizi didalamnya, buah nangka mempunyai banyak manfaat untuk kesahatan tubuh kita? Berikut ini mari kita simak fakta menarik seputar buah nangka.

Manfaat Buah nangka Untuk Kesehatan

  1. Mengandung Kalori dan Serat yang Tinggi
  • Daging buahnya yang matang mudah dicerna dan rasa manisnya mengandung fruktosa dan sukrosa atau gula alami yang menjadikan energi di dalam tubuh. Di dalam 100 gram daging buah nangka terdapat 95 kalori.
  • Dengan kandungan serat yang tinggi, nangka dapat mencegah sembelit dan melindungai usus dari penyebab kanker usus besar (colon cancer).
  1. Mengandung Vitamin A dan C

Beberapa vitamin yang terkandung di dalam buah nangka banyak membantu melindungi tubuh dari berbagai penyakit, seperti:

  • Mengkonsumsi buah – buahan alami yang mengandung vitamin A dan karoten seperti buah nangka dapat melindungai paru – paru dan kemungkinan kanker rongga mulut. Selain itu vitamin A sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata, mencegah gangguan pada mata seperti rabun senja dan degenerasi makula.
  • Anti oksidan dan vitamin C yang terkandung di dalam buah nangka akan sangat membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya dan menjaga kekebalan tubuh.
  1. Mengandung Zat Besi

Zat besi yang terkandung di dalam buah nangka ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh, menambah darah dan membantu mencegah anemia.

  1. Mengandung Mineral

Beberapa mineral penting seperti potasium dan magnesium terkandung di dalam buah nangka yang segar. Kandungan kalium pada buah ini merupakan komponen yang sangat penting bagi cairan sel dalam tubuh kita yang membantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Mineral micro dan tembaga yang ada di dalam buah nangka juga efektif membantu metabolisme tiroid dan sangat baik untuk melindungi tiroid, memproduksi hormon, dan penyerapannya.

  1. Mengandung Magnesium

Magnesium yang terkandung di dalam buah nangka dapat mencegah terjadinya penyakit tulang seperti osteoporosis.

Setelah kita bahas manfaat buah nangka untuk kesehatan tubuh kita, sekarang ada baiknya juga jika kita tahu resep praktis dan lezat dari buah nangka. Daging buah nangka yang telah matang rasanya manis dan enak, dapat dimakan langsung dan dapat juga dijadikan beberapa olahan. Mari kita ikuti langkah – langkah cara membuatnya.

Resep Praktis dan Lezat dari Buah Nangka

  1. Es Krim Nangka

Es krim nangka yang lembut ini pastinya sangat lezat dan digemari oleh putra – putri anda. Kandungan gizinyapun sangat tinggi. Susu yang mengandung vitamin D, dan buah nagka yang kaya akan vitamin A dan C akan sangat membantu dalam menjaga kesehatan tulang, mata, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Terbuat dari Susu cair putih, gula pasir, tepung maizena, vanili, ovalet, air putih, dan irisan buah nangka. Dengan bahan – bahan yang mudah di dapat pastinya tidak akan menjadi kendala bagi anda untuk membuatnya.

  1. Keripik nangka

Keripik nangka yang renyah dan gurih ini terbuat dari bahan – bahan sebagai berikut:

  • 1 kg buah nangka yang tidak terlalu matang
  • 1½ liter air
  • 100 gr kapur sirih
  • 75 gr garam
  • 150gr gula pasir
  • Minyak goreng

Cara membuatnya:

  • Kupas buah nangka, ambil daging buah dan buang bijinya. Kemudian belah dua dan potong ujungnya.
  • Rendam buah nangka tadi dengan larutan kapur sirih selama lebih kurang 3 – 4 jam.
  • Setelah itu cuci buah nangka, tiriskan dan jemur selama lebih kurang 5 jam, agar sedikit mengembang ketika di goreng.
  • Goreng dengan mesin penggoreng hampa udara (vacuum frying) dengan minyak yang dipanaskan pada suhu tidak lebih dari 90oC, kemudian goreng hingga matang.
  • Simpan di dalam toples yang kedap udara agar tetap renyah.
  1. Kolak Nangka

Kolak nangka tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Makanan yang satu ini sudah sangat populer. Kolak nangka dapat dikombinasikan dengan buah pisang, kolang kaling, ubi rambat maupun ubi kayu.

Kolak nangka terbuat dari buah nangka, santan kelapa, gula merah dan sedikit gula putih. Tambahkan daun pandan untuk mendapatkan aroma yang wangi alami. Kemudian masak sampai santan mendidih.

Hidangkan selagi hangat. Praktis dan pastinya lezat.

  1. Jus Nangka

Ternyata buah nangka juga dapat dibuat jus, pastinya enak dan banyak gizinya. Berikut ini bahan – bahannya.

  • 200 gr buah nangka yang telah matang.
  • ½ cangkir sirup dengan rasa yang anda suka.
  • ½ cangkir susu putih.
  • Es batu.

Cara membuatnya, rebus buah nangka terlebih dahulu, kemudian tiriskan. Blender semua bahan hingga halus. Dan jus nangka siap dihidangkan.

  1. Kue Nagasari Nangka

Kue nagasari nangka yang lembut ini sangat lezat. Terbuat dari daging buah nangka yang dipotong kecil – kecil, tepung beras, gula pasir, santan kelapa, sedikit garam dan daun pandan sebagai pembangkit aroma alami.

Campur semua bahan, masak dengan api yang kecil sambil di aduk perlahan. Setelah kental lalu matikan api dan biarkan agak dingin. kemudian bungkus adonan yang sudah di masak dengan daun pisang, lalu kukus selama lebih kurang 10 – 15 menit. Kue nagasari nangka siap dihidangkan. Selamat mencoba.

Dengan kelima manfaat dan kelima resep praktis dan lezat dari buah nangka ini, semoga dapat menambah kecintaan kita pada buah lokal khususnya buah nangka. Jangan ragu untuk mengkonsumsi buah yang satu ini karena ternyata buah nangka adalah buah yang kaya manfaat.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here