5 Olahan Segar dan Lezat dari Buah Kiwi

2532
buah-kiwi

Siapa yang tak kenal buah kiwi? Pernahkan anda menikmati buah kiwi segar atau olahan buah kiwi? Buah yang rasanya asam segar dengan kulit berwarna coklat mirip buah sawo ini diberi nama kiwi yaitu nama burung yang tidak bisa terbang asal Selandia Baru. Tadinya saya kira buah kiwi berasal sama dengan burung kiwi, tapi ternyata si-buah ini berasal dari daratan Cina, tepatnya di daerah Shaanxi.

Tahukah anda bahwa buah kiwi ternyata mengandung banyak vitamin, mineral dan segudang nutrisi yang sangat baik untuk tubuh kita. Berbagai manfaatnya dapat disimak dalam artikel bertajuk 5 Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Dalam artikel ini, marilah kita sama – sama menyimak 5 olahan segar dan lezat dari buah kiwi, yang saya harap dapat menggugah selera dan ide untuk berkreasi hidangan lezat lainnya.

Olahan Buah Kiwi, Segar dan Lezat

1. Olahan Selai Buah Kiwi

Selai buah kiwi ternyata sangat gampang dibuat. Hanya dengan bahan buah kiwi matang, gula pasir, dan sedikit kayu manis.

Caranya membuatnya:

  • Haluskan buah kiwi, lalu masak di atas kompor dengan api yang kecil. Masukkan kayu manis, aduk sampai air menyusut.
  • Masukkan gula pasir sambal terus diaduk, hingga gula tercampur dengan merata.
  • Kemudian diangkat dan tunggu sampai dingin, baru kemudian masukkan dan simpan di dalam toples kaca. Jangan lupa ditutup rapat dan baik juga disimpan dalam lemari es.

2. Es Krim Kiwi ala Burger

Nah, yang satu ini adalah cara menikmati kiwi dengan es krim. Mirip juga dengan menu banana split di beberapa restaurant, yang juga sangat lezat dan segar ya. Es krim dengan buah kiwi ini gampang dibuat.

  • Pilih buah kiwi yang telah matang, lalu kupas kulitnya dan potong agak tipis bulat – bulat.
  • Siapkan es krim dengan rasa stroberi, vanilla atau es krim yogurt.
  • Letakkan satu iris kiwi, kemudian tarus satu sendok es krim diatasnya. Terakhir, tutup dengan satu irisan kiwi, sehingga tersusun seperti burger.
    Woow enak di santap bersama teman – teman atau keluarga.

3. Puding Kiwi

Buah kiwi dengan warna hijau segarnya memang terlihat dan terasa segar jika dibuat puding.
Dengan bahan campuran agar – agar, gula pasir, susu cair, kuning telur, sedikit garam, dan daging buah kiwi yang dihaluskan, maka jadilah puding kiwi yang lezat ini.

Simpan pudung dalam lemari es, sehingga saat cuaca panas, puding kiwi yang kaya vitamin C ini akan terasa segar di tenggorokan.

4. Cake Kiwi

Cake kiwi panggang lezat dapat dibuat dari buah kiwi yang telah dihaluskan, tepung gandum, gula merah halus, mentega, telur, baking powder, sedikit perasan jeruk dan irisan kacang almond. Untuk membuah cake ini terlihat segar saat dihidangkan, maka ditambah irisan buah kiwi di atasnya.

Nah, cake kiwi siap di santap sore hari bersama kopi panas atau teh hangat.

5. Jus Buah Kiwi

Apa yang anda bayangkan bila saat cuaca panas kemudian ada yang menyuguhkan jus kiwi kehadapan anda? Waah…pasti kerongkongan yang tadinya kering akan terasa sangat lega dan haus pun akan hilang dengan seketika.

Jus kiwi ini sangat gampang di buatnya, siapkan bahan – bahan:

  • 2 buah kiwi yang sudah matang
  • Segelas air putih
  • Es batu secukupnya

Membuatnyapun cukup mudah dan praktis, caranya:

  • Kupas kulit buah kiwi.
  • Blender semua bahan – bahan yang telah disiapkan.
  • Kemudian tuangkan ke dalam gelas dan sajikan.

Selamat menikmati.

Buah kiwi tidak hanya baik untuk orang dewasa saja, melainkan baik juga untuk anak – anak. Telah terbukti vitamin C bersama dengan senyawa antioksidan yang terkandung di dalam buah kiwi dapat meningkatkan sistim kekebalan tubuh. Jadi jangan lupa konsumsi buah kiwi secara langsung atau dengan mencoba kreasi olahan segar dan lezat di atas untuk anda dan keluarga.

Demikian artikel singkat ini tentang 5 olahan segar dan lezat dari buah kiwi. Semoga bermanfaat dan dapat mendatangkan ide – ide untuk anda yang ingin berkreasi di dapur dengan buah kiwi.

SHARE
Jurnalisme warga (Citizen journalism) | foto, video, film, creative-writing, esai dan fiksi. Ayo tulislah ceritamu! dan bagikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here