Mengurangi Stres

Banyak hal yang dapat menjadi pemicu Stres, namun tentu saja ada cara untuk untuk mengurangi stres. Berikut ini adalah rangkuman 7 cara untuk mengurangi stres.

1. Jangan Memaksakan Diri.

Ketika Kita memiliki komitmen yang kuat untuk mengejar sesuatu, target, keinginan, apakah dalam kehidupan pribadi atau profesional, Kita sering lupa Kita punya banyak keterbatasan. Ada yang mengatakan; jika ada kemauan pasti bisa, kalimat itu betul, hanya saja Kita harus memiliki atau menyadari dan belajar mengenai batasan-batasan. Kita hendaknya tahu kapan harus berhenti, kapan harus berkata tidak!

Kita wajib memiliki impian yang tidak terbatas, namun harus memiliki sasaran yang realistis dan sanggup Kita capai dengan waktu, tenaga, dan pikiran Kita. Jangan biarkan diri Kita terombang-ambing mengejar tingginya langit seperti layang-layang putus, tetaplah terhubung dengan bumi kesadaran Kita, sehingga Kita tetap berada di batas-batas realita.

“I always like to look on the optimistic side of life, but I am realistic enough to know that life is a complex matter.” -Walt Disney

2. Mengubah Cara Pandang.

Lampu lalu lintas yang menyala merah sering menjadi fokus perhatian dan memaksa Kita untuk mengumpat. Cobalah untuk mengubah cara pandang Kita kedalam perspektif yang lebih positif. Dari pada menambah stres sementara lalu-lintas macet, manfaatkan waktu berhenti untuk memilih musik favorit atau hanya menikmati waktu tenang.

Bagaimana cara Kita melihat sesuatu dan cara Kita berpikir tetangnya, dapat memiliki efek mendalam secara emosional. Kita yang mengusahakan cara berpikir positif dan bersikap positif akan memiliki tingkat stres yang lebih rendah, dari pada mereka yang pesimis dan negatif.

“Your attitude, not your aptitude, determines your altitude.” -Zig Ziglar

3. Berhenti Mempermasalahkan hal remeh.

Sudah 5 menit sms tidak dibalas, teh yang Kita pesan terlalu panas atau mereka lupa memberi Kita sedotan, dan Kita marak karenannya. Bersikap atau bereaksi berlebihan pada hal-hal kecil hanya akan membuang-buang energi yang sebenarnya dapat digunakan untuk hal lain yang lebih berharga. Energi ini dapat digunakan untuk memecahkan masalah, daripada bereaksi negatif untuk hal itu.

Ketika hal-hal kecil menghabiskan energi dan waktu Kita, itu artinya Kita tidak sempat memikirkan dan membagi energi Kita pada sesuatu yang lebih besar. Gunakan kontrol diri untuk mengabaikan hal-hal kecil yang mengganggu Kita. Jangan sampai terjaga semalaman hanya karena suara jagkrik yang berderit di halaman belakang.

“The important thing is to take your time and not get stressed”. -Diane von Furstenberg

4. Tingkatkan Selera Humor.

Memulai hari dengan menempelkan seulas senyum di wajah dapat membuat Kita merasa lebih baik, dan dapat menyebabkan Kita untuk benar-benar merasa lebih bahagia. Walaupun harus dipaksakan dan menjadikan keluarnya senyum palsu, tidak apa-apa, karena sesaat kemudian ia akan menjadi senyuman nyata. Jika Kita mampu menempatkan senyum di wajah Kita, tawa akan datang lebih mudah dan stres akan mencair lebih mudah.

Berkumpul dengan teman-teman berbagi anekdot, kisah-kisah humor, menonton komedi terbaru, menjadi cara terbaik untuk membuat tertawa datang lebih mudah. Dengan menyempatkan diri untuk tertawa beberapa menit setiap hari, akan meringankan beban pikiran dan tubuh akan terasa lebih rilek.

“A sense of humor is a major defense against minor troubles.” -Mignon McLaughlin

5. Ekspresikan Diri.

Komunikasi yang buruk merupakan salah satu penyebab terbesar stres di tempat kerja maupun di rumah. Jika tidak biasa membicarakan tentang kebutuhan Kita, kekhawatiran, dan frustrasi, dapat membuat Kita stres. Menjadi tegas dan terbuka secara terhormat akan membuat komunikasi semakin lancar tanpa menyebabkan stres untuk diri sendiri dan orang lain. Ketegasan adalah keterampilan yang dapat Kita pelajari dan dipraktekkan.

Mengekspresikan diri juga bisa berkaitan dengan melakukan sesuatu yang baru atau berbeda sebagai upaya untuk melepaskan diri dari himpitan rutinitas yang monotone. Bidang seni seperti melukis, membuat patung, berolahraga, berkebun atau aktivitas yang kelihatannya remeh namun akan membantu Kita terlepas dari tekanan beban yang membuat Kita stres.

“Life has been your art. You have set yourself to music. Your days are your sonnets.” -Oscar Wilde

6. Praktek teknik relaksasi.

Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga atau olah pernapasan akan membawa tubuh pada kondisi rileks yang berlawanan dari kondisi stres yang tegang. Melakukan teknik relaksasi secara teratur, akan memberi manfaat untuk pengurangan tingkat stres sehari-hari, munculnya dorongan perasaan yang damai dan meningkatkan kemampuan untuk tetap tenang di bawah tekanan.

Sisihkan waktu dan jadikan sebagai jadwal tetap untuk beristirahat, bersantai, untuk merestart komputer di dalam tubuh Kita. Duduk di halaman sambil memandang tanaman dengan secangkir teh hangat, menyempatkan waktu beberapa menit untuk dudung tenang, merasakan betapa halus napas Kita dan cobalah menyadari betapa berarti waktu istirahat Kita bagi tubuh dan pikiran.

“It’s a good idea always to do something relaxing prior to making an important decision in your life.” -Paulo Coelho

7. Bersyukurlah.

Mengucapkan terimakasih atas setiap hal yang Kita terima akan menunjukan bahwa Kita telah menerima begitu banyak hadiah dan kebaikan dalam hidup Kita. Apakah dia besar atau sangat kecil sekalipun.

Karena kesibuka dan tekanan dari rutinitas sehari-hari, kadang Kita lupa meluangkan waktu untuk melihat kedalam, apa yang Kita punya, apa yang telah Kita raih. Cobalah meluangkan waktu setiap hari untuk merenungkan hal-hal yang berharga dalam hidup Kita, termasuk kualitas positif dalam diri Kita sendiri.

Pernahkah Kita bersyukur memiliki 8 pasang kaos kaki, padahal Kita hanya perlu 7 pasang untuk sepanjang minggu. Berterimakasih dan mensyukuri hal apapun dalam keseharian akan meningkatkan kebahagiaan Kita dan membantu menjaga pikiran berada dalam perspektif yang positif.

“You won’t be happy with more, until you’re happy with what you’ve got.” -Viki King

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here