ramalan tarot

Kenapa anda berpikir untuk belajar membaca kartu tarot? Kalau saya, belajar membaca tarot adalah sebuah unsur kebetulan dan tidak ada beban untuk belajar agar mahir dan menjadi “peramal”. Sampai sekarangpun setelah beberapa tahun membaca tarot, saya memiliki sudut pandang sendiri mengenai tarot dan membaca kartu tarot. Dan saya memiliki jawaban sendiri ketika ada yang bertanya, “Ramalan kartu tarot, layakkah dipercaya?

Pertanyaan selanjutnya, bisakah setiap orang belajar membaca kartu tarot? Bisa! Saya percaya, siapapun bisa mulai belajar membaca kartu tarot, termasuk Anda tentu saja. Tidak ada syarat khusus yang harus dipenuhi, hanya butuh kemauan belajar dan satu deck kartu tarot. Kalau bagi saya, yang terpenting adalah bahwa saya percaya pada diri sendiri ketika membaca kartu, baik membaca untuk diri sendiri atau orang lain.

Terus terang saya belum memiliki pola untuk membantu Anda mengakses kepercayaan diri Anda, tapi yang saya praktekkan adalah percaya pada intuisi dan yakin pada diri sendiri. Kalau bimbang dan ragu, jangan membaca kartu untuk siapapun.

Apa Itu Tarot?

Saya sudah pernah membahas mengenai tarot dalam artikel Ramalan Kartu Tarot, Layakkah Dipercaya?, yang nanti bisa Anda baca juga sebagai referensi.

Kartu Tarot adalah set kartu yang terdiri dari 78 kartu, dimana masing-masing kartu memiliki visual dengan simbol dan ceritanya masing-masing. 78 kartu dalam satu set kartu tarot dibagi dalam 2 kelompok besar; yaitu Arcana mayor yang terdiri dari 22 kartu dan Arcana minor, yang terdiri dari 56 kartu. Kelompok kartu Arcana minor dibagi lagi dalam 4 kelompok, yaitu sword (pedang), cup (cawan), wands (tongkat) dan pentacle (bintang),  yang masing-masing terdiri dari 14 kartu.

Yang ingin saya garis bawahi dalam hal ini adalah, kartu tarot memiliki ceritanya masing-masing. Sebab itu, saya menyukai membaca tarot karena dengan beberapa kartu tarot saya membuka, membeberkan sebuah cerita, seperti membuka sebuah buku cerita kehidupan, melihatnya sebagai sebuah cermin jiwa dan setiap kartu menjadi kunci-kunci pijakan dari pikiran bawah sadar dan rentang perjalanan kehidupan.

Bagaimana Tarot Bisa Meramal?

Kembali saya katakana, bagi saya tarot adalah bercerita; storytelling. Banyak yang menganggap tarot akan membatu membuka tabir masa depan, membuat prediksi yang akurat, bagi saya itu kekeliruan. Saran saya, ketika menggunakan tarot, mari kesampingkan kata “Ramalan atau Meramal”, mari bicara soal intuisi dan cara menemukan susunan pazel yang ideal untuk tujuan tertentu.

Kesadaran terpenting dalam tarot adalah bagaimana kita menggunakan tarot sebagai alat untuk mengakses intuisi dan kebijaksanaan diri. Membuka lembaran-lembaran cerita yang ditampilkan setiap kartu, dan mengungkap misteri di baliknya. Bagaimana dengan bijak kita memandang semua kisah itu menjadi panduan menuju perubahan positif.

Mulai Belajar Membaca Kartu Tarot

Yang paling Anda butuhkan saat ini adalah satu set kartu tarot, yang bisa didapat di toko-toko online. Saya sarankan untuk awal, pilihlah kartu tarot jenis Rider-Waite. Kartu ini termasuk kartu yang paling klasik yang pernah dicetak secara massal dan menjadi acuan berbagai kartu setelahnya. Dalam dek kartu biasanya dilengkapi dengan buku kecil yang memuat penjelasan makna untuk setiap kartu, yang bisa dibaca setiap saat, pun saat melakukan pembacaan kartu. Saya tidak menyarankan untuk mempelajari satu persatu kartu dan menghafalkan setiap artinya, karena cara ini akan sangat membosankan dan bikin stress. Bayangkan menghafalkan makna dari 78 kartu normal ditambah 78 kartu dalam posisi terbalik yang memiliki makna berbeda.

Karena kartu normal dan kartu posisi terbalik memiliki makna berbeda atau tepatnya berlawanan, untuk latihan tahap awal pastikan saja semua kartu dalam posisi tegak normal. Setelah cukup percaya diri dengan pembacaan kartu normal, baru kemudian mulai coba acak kartu agar memiliki kemungkinan memunculkan kartu terbalik.

Ketika Anda sudah memiliki set kartu, akrabkan diri dengan kartu. Perhatikan visual-visualnya dan nikmati setiap keindahan dan perhatikan setiap symbol yang ditampikan dalam kartu tersebut. Mulailah belajar mengocok kartu, memotong dan memilih kartu, setelah itu ikuti langkah dibawah ini untuk memulai pembacaan kartu tarot pertama Anda dengan satu kartu.

Tahap-tahap Membaca Kartu Tarot

belajar tarot

  1. Temukan premis atau pertanyaan yang akan dijawab menggunakan kartu tarot. Formula pertanyaan yang saya anjurkan adalah “Bagaimana cara …..[sesuatu yang anda inginkan]…?” Misalnya: “Bagaimana agar hari ini waktu saya efektif”, atau “Bagaimana cara agar hari ini saya lebih percaya diri?”.
  2. Kocok kartu secukup yang Anda inginkan. Letakkan di atas meja, potong menjadi tiga bagian dan tumpuk kembali dari potongan terbawah.
  3. Ambil satu kartu dari posisi manapun dan buka.
  4. Perhatikan kartunya dengan seksama. Ambil korelasi visual kartu dengan pertanyaan yang telah anda tentukan.
  5. Buka buku panduan kartu dan korelasikan intuisi anda dengan pemaknaan yang ditulis dalam buku panduan kartu. Kemudian buat kesimpulan sederhana berdasarkan pandangan bijaksana dari diri Anda sendiri.
  6. Lakukan teknik ini setiap hari, paling tidak satu kali dalam sehari. Jika ingin melakukan berkali-kali, pilihlah waktu yang tepat dan lakukan paling tidak dalam rentang 2 jam sekali. Jangan melakukan pembacaan secara beruntun dan berulang-ulang, terutama untuk satu pertanyaan yang sama, karena akan mengacaukan intuisi Anda sendiri.

belajar membaca tarot

Selamat mencoba. Artikel ini akan terus diperbaiki, jika saya menemukan formula atau teknik yang lebih baik dalam memandu pembelajaran singkat ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here