media parner

MEDIA PARTNER

Kontak kami untuk kerjasama publikasi

KONTAK
menulis

Cara Menulis Headline Yang Efektif, Teknik dan Contoh

Mipmap id
1 Mei 2023
Cara Menulis Esai

Menulis headline yang efektif adalah keterampilan yang dapat dipelajari dan ditingkatkan dengan berlatih secara teratur. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk menulis headline yang menarik dan efektif, seperti mengidentifikasi kebutuhan pembaca, menggunakan angka dan statistik, menonjolkan manfaat solusi, dan membuat headline yang kontroversial. Dengan mempelajari teknik-teknik ini dan berlatih secara teratur, seseorang dapat menjadi mahir dalam menulis headline dan meningkatkan keterampilan copywriting mereka secara keseluruhan.

Headline dalam copywriting adalah judul atau kalimat pertama yang ditampilkan pada bagian atas artikel atau konten, yang berfungsi untuk menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran singkat tentang topik yang akan dibahas. Headline yang baik dapat membuat pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut artikel atau konten, sedangkan headline yang buruk dapat membuat pembaca tidak tertarik dan meninggalkan artikel atau konten tanpa membacanya.

Headline biasanya ditulis dengan gaya singkat, jelas, dan padat, dan harus dapat menggambarkan secara akurat topik atau isi yang akan dibahas dalam artikel atau konten. Selain itu, headline juga dapat menggunakan teknik-teknik penulisan yang kreatif dan menarik, seperti penggunaan angka, kata-kata menarik perhatian, atau manfaat atau solusi bagi pembaca.

Dalam dunia copywriting, headline yang efektif sangat penting karena mereka dapat mempengaruhi seberapa banyak pembaca yang tertarik untuk membaca artikel atau konten Anda. Oleh karena itu, seorang copywriter perlu mempelajari cara menulis headline yang efektif dan menarik perhatian, agar konten yang ditulis dapat terbaca oleh banyak orang dan menghasilkan konversi yang diharapkan.

Cara Menulis Headline Yang Efektif

Headline dalam sebuah narasi atau artikel memegang peran penting dalam menarik perhatian pembaca dan memberikan gambaran singkat tentang isi narasi atau artikel yang akan dibahas. Fungsi headline adalah untuk menggambarkan topik atau ide pokok dari narasi atau artikel secara singkat dan padat sehingga pembaca dapat dengan cepat memahami tentang apa yang akan dibahas.

Selain itu, headline juga dapat digunakan untuk mempengaruhi pembaca agar membaca narasi atau artikel, dengan menggunakan teknik-teknik copywriting yang efektif, seperti penggunaan angka, kata-kata menarik perhatian, atau manfaat atau solusi bagi pembaca.

Gunakan angka dan statistik

Penggunaan angka dan statistik dalam headline merupakan salah satu teknik copywriting yang efektif dalam menarik perhatian pembaca. Angka dan statistik memberikan kepastian dan bukti konkret yang memperkuat headline dan membuatnya terdengar lebih kredibel. Selain itu, angka dan statistik juga memberikan informasi yang mudah diingat dan mudah dipahami oleh pembaca. Dengan memasukkan angka dan statistik yang relevan dalam headline, pembaca akan mengetahui secara jelas apa yang akan mereka dapatkan dari membaca artikel atau konten tersebut. Terlebih lagi, penggunaan angka dan statistik dapat membantu meningkatkan engagement rate pada konten yang dibagikan di media sosial.

Headline yang menggunakan angka dan statistik dapat membantu menarik perhatian pembaca dan memberikan kesan bahwa artikel Anda memiliki informasi yang spesifik dan akurat. Headline dengan angka dapat meningkatkan efektivitas konten dan membantu mempengaruhi pembaca untuk melakukan tindakan tertentu setelah membaca artikel atau konten tersebut. Contohnya: "10 Tips Ampuh Menurunkan Berat Badan dalam 30 Hari".

Gunakan kata-kata yang menarik perhatian

Kata-kata menarik atau power words adalah kata-kata yang dapat membuat headline terdengar lebih menarik dan memicu emosi pembaca. Power words dapat mempengaruhi pembaca untuk merespons konten dengan cara tertentu, seperti membaca lebih lanjut, melakukan tindakan, atau membagikan konten ke media sosial. Beberapa contoh power words yang sering digunakan dalam headline adalah "mengungkap", "mengejutkan", "menakjubkan", "menyentuh", "rahasia", "solusi", "ampuh", "praktis", dan lain sebagainya.

Penggunaan power words dalam headline sangat penting untuk menarik perhatian pembaca dan membuat konten lebih menonjol di antara konten-konten lainnya. Namun, perlu diingat bahwa power words harus digunakan secara tepat dan relevan dengan topik atau isi yang akan dibahas. Penggunaan power words yang berlebihan atau tidak relevan dapat membuat headline terdengar berlebihan atau bahkan menipu, dan dapat menurunkan kepercayaan pembaca pada konten yang ditawarkan. Oleh karena itu, seorang penulis harus memilih power words yang tepat dan relevan, serta menggunakannya dengan bijak dan sesuai konteks.

Buat headline yang singkat dan jelas

embuat kalimat pendek, jelas, dan efektif sebagai sebuah headline sangat penting untuk menarik perhatian pembaca dan menggambarkan topik atau isi konten yang akan dibahas. Headline yang efektif sebaiknya tidak lebih dari 10-12 kata. Gunakan kalimat yang mudah dipahami dan jelas menggambarkan topik atau isi yang akan dibahas.

Headline yang menonjolkan manfaat atau solusi bagi pembaca dapat menarik perhatian dan memotivasi pembaca untuk membaca lebih lanjut. Gunakan power words atau kata-kata yang menarik perhatian pembaca dan memperjelas manfaat atau solusi yang ditawarkan. Selain itu, seorang penulis juga harus berusaha untuk memilih kata-kata yang tepat dan relevan, serta menghindari penggunaan kata-kata yang ambigu atau tidak perlu. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, seseorang dapat membuat headline yang singkat, jelas, dan efektif untuk menarik perhatian pembaca dan menarik minat mereka untuk membaca konten lebih lanjut.

Berikan manfaat atau solusi

Membuat headline yang memberikan solusi kepada pembaca adalah salah satu teknik copywriting yang efektif untuk menarik perhatian pembaca dan memotivasi mereka untuk membaca lebih lanjut. Kenali masalah yang dihadapi pembaca. Sebelum membuat headline, seorang penulis harus memahami masalah yang dihadapi pembaca dan mencari tahu apa yang mereka butuhkan. Dengan demikian, headline dapat lebih spesifik dan relevan dengan kebutuhan pembaca.

Setelah memahami masalah, maka tawarkan solusi yang jelas dan spesifik. Headline sebaiknya menonjolkan solusi yang ditawarkan kepada pembaca dan menjelaskan bagaimana solusi tersebut dapat membantu mereka mengatasi masalah yang dihadapi. Gunakan kalimat yang jelas dan spesifik untuk menjelaskan manfaat solusi yang ditawarkan.

Headline yang menawarkan manfaat atau solusi bagi pembaca dapat menarik perhatian mereka dan membuat mereka ingin membaca lebih lanjut. Contohnya: "Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Rumah dengan Bisnis Online".

Buat headline yang kontroversial atau mengajak diskusi

Membuat headline yang kontroversial dan mengundang diskusi dapat menjadi strategi copywriting yang efektif untuk menarik perhatian pembaca dan meningkatkan engagement di media sosial atau platform online lainnya.

Salahsatu tujuannya adalah meningkatkan interaksi, memotivasi pembaca untuk berbicara atau berkomentar. Headline kontroversial dapat memotivasi pembaca untuk berbicara dan memberikan pendapat mereka mengenai topik yang dibahas. Hal ini dapat meningkatkan engagement dan membuat konten menjadi lebih viral di media sosial.

Headline kontroversial dapat membantu memperkuat branding atau citra sebuah merek atau produk. Hal ini karena headline kontroversial dapat menciptakan kesan yang berbeda dan unik di antara pesaing. Tentu kemudian akan menarik perhatian lebih banyak pembaca. Headline yang kontroversial dapat menarik perhatian lebih banyak pembaca dan memotivasi mereka untuk membaca lebih lanjut. Hal ini dapat meningkatkan traffic dan engagement di platform online.

Namun, perlu diingat bahwa membuat headline yang kontroversial juga dapat memiliki risiko. Jika headline terlalu kontroversial atau menyakiti perasaan sebagian pembaca, hal ini dapat merugikan merek atau produk dan membuat reputasi menjadi buruk. Oleh karena itu, seorang penulis harus mempertimbangkan dengan baik sebelum memilih untuk membuat headline yang kontroversial dan selalu memperhatikan dampak dari headline yang dibuat. Pastikan headline Anda tidak terlalu kontroversial dan tetap sesuai dengan nilai dan etika yang berlaku.

 

10 Contoh Headline Yang Bagus

  1. "7 Cara Ampuh Mengatasi Kecemasan dan Depresi"
  2. "10 Strategi Pemasaran Online yang Tepat Sasaran"
  3. "Cara Mudah Meningkatkan Traffic Website Anda Dalam 30 Hari"
  4. "5 Alasan Mengapa Anda Harus Membuat Bisnis Online Anda Menonjol"
  5. "Rahasia Sukses Bisnis Dalam 6 Bulan"
  6. "Membangun Koneksi Dalam Bisnis, Pelajari 7 Tips Jitu"
  7. "Inovasi dalam Bisnis: Cara Terbaik untuk Bertahan di Pasar Saat Ini"
  8. "Cara Membuat Produk Berkualitas Tinggi Dalam 7 Hari"
  9. "Mengatasi Masalah Keuangan Dalam Bisnis? Yuk Pelajari Cara Ampuhnya"
  10. "Jangan Salah Pilih! Kenali 10 Kesalahan Yang Sering Terjadi Dalam Pemasaran Online"

 

Penulis: Mipmap id

Jurnalisme warga (Citizen journalism) | foto, video, film, creative-writing, esai dan fiksi. Ayo tulislah ceritamu! dan bagikan.
-advertisement-
Bali Tersenyum © 2023