Mitos Kangkung Yang Bikin Ngantuk

Sayur kangkung adalah sayuran hijau yang memiliki banyak zat gizi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Sering dikatakan makan kangkung membuat kita ngantuk. Mungkin kepercayaan itu yang menyebabkan di banyak tempat, kangkung dimasak dengan bumbu pedas, seperti plecing kangkung.

Kata tetangga saya, kalau kangkung tidak dimasak dengan bumbu yang kuat, maka rasanya ‘nyem’ atau hambar. Sejatinya memang semua jenis sayur pada dasarnya hambar, ada juga yang pahit, sehingga butuh bumbu yang kuat seperti bumbu serombotan, bumbu kacang tanah, pelecing kebyos dan sebagainya.

Kalau di restoran, kangkung biasa dimasak tumis; ditambah kecap, cabe merah, bawang putih dan beberapa komponen penyedap masakan lainnya, hingga menjadi tumis kangkung yang menggugah lidah kita untuk segera menyantapnya.

Kangkung Haram Bagi Penderita Asam Urat?

Pernahkah Anda mendengar kabar bahwa sayur kangkung tidak boleh dimakan oleh penderita asam urat? Sebenarnya hal ini adalah suatu kesalahan. Malah sebenarnya sayur ini adalah sayuran utama yang harus dimakan untuk orang-orang yang menderita asam urat.

Sayur kangkung adalah sayuran yang mengandung banyak serat yang bisa menurunkan kadar asam urat dalam tubuh kita. Selain itu, kangkung juga sangat rendah akan lemak yang tidak menyebabkan lemak jenuh bersarang dalam tubuh hingga menyebabkan asam urat.

Sama halnya seperti buah, susu, dan makanan serat lainnya, bahwa kangkung bisa dijadikan sebagai menu utama untuk para penderita asam urat.

Justru yang perlu dihindari oleh para penderita asam urat adalah daging merah seperti sapi, kambing, dan hewan berkaki empat lainnya. Jeroan pun juga perlu dihindari oleh penderita asam urat karena mengandung banyak lemak yang bisa menjadi lemak jenuh di dalam tubuh dan menimbun hingga menimbulkan penyakit asam urat.

Jadi, bagi penderita asam urat tidak usah takut lagi akan hadirnya sayur kangkung yang katanya dapat menyebabkan asam urat. Nah, Anda pun juga bisa menghindari beberapa makanan seperti daging merah, seafood, alkohol, jeroan hingga minuman yang mengandung fruktosa tinggi untuk menghindari asam urat. Penghindaran tersebut pun juga dilakukan oleh orang-orang yang sedang menjalankan diet purin.

Polemik Kangkung di Negeri Paman Sam

Kangkung adalah sayuran yang cukup populer di Indonesia karena enak dan bermanfaat bagi tubuh. Namun, beda halnya dengan di Amerika yang dilarang keras menanam, membeli, dan menjual.

Di Amerika, bahkan kangkung dianggap sangat berbahaya hingga digolongkan sebagai gulma yang terbentuk dari air tawar di iklim tropis. Sudah tahu kan, kalau gulma adalah tumbuhan yang merugikan, bahkan bisa saja disebut sebagai penyakit tanaman.

Mereka menganggap kangkung sebagai gulma karena sayuran ini lebih banyak membutuhkan air dibandingkan dengan jenis sayuran lainnya. Hal ini membuat para petani di Amerika harus melakukan peningkatan irigrasi. Sedangkan peningkatan irigrasi ini bisa menyebabkan  hilangnya nutrisi pada tanaman sayur lainnya. Itu sebabnya, kangkung dianggap sebagai gulma karena telah merugikan tanaman sayur lainnya.

Kangkung Bikin Kita Ngantuk

Jika selama ini kita hanya mendengar kabar bahwa kangkung adalah sayuran yang menyebabkan kantuk, kali ini kita akan membahasnya secara ilmiah.

Kangkung adalah makanan yang mengandung banyak serat. Memang, selama ini masih belum pernah ada uji analisis mengenai apakah kangkung menyebabkan kantuk atau tidak. Namun, jika ditelisik secara ilmiah, bahwa kangkung memiliki kandungan mineral kalium yang cukup banyak yaitu sebanyak 175 mg dalam satu cup kangkung.

Makanan yang mengandung kalium yang cukup tinggi adalah makanan yang sangat cocok untuk para penderita darah tinggi. Sehingga kangkung bisa mengurangi tekanan darah. Mungkin karena inilah orang menganggap bahwa kangkung menyebabkan kantuk karena dapat mengurangi tekanan darah.

Lalu apakah benar kangkung membuat kantuk? Hal ini sebenarnya masih menjadi pertanyaan bagi kebanyakan orang khususnya para pakar gizi. Yang pastinya secara ilmiah, kangkung mengandung mineral kalium yang tinggi yang dapat menurunkan tekanan darah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here