SANDWICH-egg

Seringkali kita melewatkan sarapan karena buru-buru beraktifitas. Setelah delapan jam tidur dan perut menjadi kosong, tidak seharusnya kita lanjutkan “kekosongan” itu pada alat pencernaan karena efek sampingnya adalah kita akan mudah sakit.

Jadi, apa yang harus dilakukan jika aktifitas lebih penting daripada sarapan sepotong roti atau sepiring nasi goreng?

Pertama, tubuh kita memerlukan energy dari makanan. Setelah kurang lebih delapan jam kita tidur, maka perut harus kembali diisi dengan makanan atau minuman. Sarapan akan membuat tubuh kita lebih kuat dan penuh konsentrasi. Jika Anda menyayangi kesibukan Anda, maka sayangilah tubuh sehat yang akan mendukung aktifitas Anda.

Kedua,  siapkan menu sarapan dengan persiapan mudah, bahan yang mudah didapat dan  pengolahannya tidak mengganggu aktifitas Anda. Setangkup roti tawar dengan selai buah dan segelas susu, atau sepiring buah potong dengan segelas air, semuanya baik untuk mengawali hari dan aktifitas Anda.

Ketiga,  siapkan bahan-bahan sarapan pada malam sebelumnya sehingga sarapan bisa cepat diolah dan disajikan.

Keempat, minumlah air putih sebanyak mungkin untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Aktifitas padat di dalam ruangan dengan pendingin atau di luar ruangan dengan sengatan matahari akan membuat tubuh cepat lelah dan mengeluarkan cairan lebih banyak.

Berikut adalah contoh menu sarapan yang mudah diolah, hemat dikantong dan sehat:

BUAH POTONG DENGAN SEGELAS YOGHURT

Bahan: Buah-buahan segar dan manis, segelas yoghurt.

Cara: buah potong dan yoghurt tinggal Anda nikmati.

JUS SEHAT

Bahan: 1 buah pisang hijau, pepaya merah secukupnya, air matang secukupnya.

Cara: blender semua bahan hingga halus, sajikan.

BUBUR OATMEAL

Bahan: 1 gelas oatmeal, 1 gelas susu cair, kismis secukupnya, pisang hijau secukupnya diiris tebal.

Cara: didihkan oatmeal dan susu cair hingga meletup-letup, angkat dan sajikan di piring, beri kismis dan potongan pisang hijau. Bubur oatmeal siap dinikmati.

ROTI PANGGANG

Bahan: dua lembar roti tawar, mentega secukupnya, keju parut secukupnya, meses coklat secukupnya, pisang hijau secukupnya diiris tebal.

Cara: Oles masing-masing kedua sisi roti tawar. Pada salah satu roti tawar beri keju parut, meses cokelat dan irisan pisang. Tutup dengan lembar roti tawar yang kedua. Panaskan teflon dengan api kecil. Panggang roti isi dalam teflon sambal dibolak-balik hingga masing-masing sisi menjadi kecokelatan. Angkat dan sajikan.

SANDWICH TELUR REBUS

Bahan: 1 buah telur ayam rebus, mayonnaise secukupnya, garam dan merica bubuk secukupnya, saus tomat secukupnya, roti tawar dua tangkup, selada mangkok, 1 iris mentimun, 1 iris tomat.

Cara: Panggang dua tangkup roti tawar, sisihkan. Cuci daun selada mangkok, sisihkan. Hancurkan telur rebus, kemudian masukkan mayonnaise, garam dan merica, aduk rata. Oles satu bagian dari masing-masing roti panggang dengan saus tomat. Susun di atas roti: selada mangkok, mentimun, tomat, telur rebus yang sudah dicampur, tomat, mentimun, selada mangkuk, tutup dengan roti tawar. Sandwich Telur Rebus siap dinikmati.

SANDWICH TELUR GORENG

Bahan: 1 buah telur ayam, mayonnaise secukupnya, garam dan merica bubuk secukupnya, satu buah sosis ayam, saus tomat secukupnya, roti tawar dua tangkup, selada mangkok, 1 iris mentimun, 1 iris tomat.

Cara: Panggang dua tangkup roti tawar, sisihkan. Cuci daun selada mangkok, sisihkan. Campur mayonais dan saos tomat, aduk rata. Kocok lepas telur ayam, beri garam, merica halus dan sosis ayam yang diiris tipis. Buat telur ayam menjadi dadar, sisihkan. Olesi satu bagian dari masing-masing roti tawar dengan campuran mayonaise-saos tomat. Susun di atas roti oleh: daun selada mangkok, mentimun, tomat, telur dadar, tomat, mentimun, daun selada mangkok, roti tawar. Sandwich Telur Goreng siap dinikmati.

NASI GORENG SAYUR

Bahan: satu piring nasi, buncis secukupnya diiris setengah sentimeter, wortel secukupnya dipotong korek api, dua siung bawang putih dihaluskan, garam secukupnya, merica secukupnya, gula pasir secukupnya, sawi hijau secukupnya dipotong pendek, minyak goreng secukupnya.

Cara: cuci buncis, wortel dan sawi hijau. Rebus buncis dan wortel sebentar saja, sisihkan bersama sawi hijau. Tumis bawang putih, masukkan buncis, wortel dan sayur hijau, aduk rata hingga sayuran agak layu. Masukkan nasi, garam, merica bubuk dan gula, aduk rata nasi hingga tercampur rata. Nasi Goreng Sayur siap disajikan.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here