buah pisang sehat

Buah pisang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan yang ada di dalam buahnya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Pisang adalah buah tropis yang gampang didapat dan dengan harga yang terjangkau.

Deretan kandungan yang ada didalam buahnya tak tanggung – tanggung banyaknya, antara lain ada mineral, karbohidrat, provitamin A, vitamin B, B6, vitamin C, vitamin E dan masih banyak lagi. Taukah anda bahwa energy yang terkandung di dalam buah pisang melebihi energy yang ada pada buah apel. Begitu juga kandungan mineral yang ada pada buah pisang seperti besi, fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium lebih mudah diserap oleh tubuh jika dibandingkan dengan buah apel atau jenis makanan nabati lainnya.

Apa saja manfaat dari buah pisang untuk kesehatan dan kecantikan kita? Berikut ini beberapa tips cantik dan sehat dari buah pisang.

Cantik dan Sehat dengan Buah Pisang

  1. Buah Pisang untuk Rambut Kering

Kandungan pelembab yang ada pada buah pisang dapat memperbaiki rambuat yang kering dan kusam.  Cobalah langkah – langkah dibawah ini:

  • Haluskan 1 buah pisang yang sudah matang
  • Siapkan 3 sendok makan madu, kemudian campurkan madu dengan pisang yang telah dihaluskan
  • Usapkan perlahan pada rambut yang masih basah
  • Diamkan selama lebih kurang 15 menit, kemudian bilas rambut sampai bersih

Lakukanlah beberapa kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

  1. Masker Buah Pisang untuk Kulit

Masker lembut yang terbuat dari buah pisang dengan vitamin E yang terkandung di dalamnya dapat membantu mengangkat sel – sel kulit mati, mengobati jerawat,  mencegah penuaan dini, mencerahkan kulit wajah, serta mengencangkan dan menghaluskan kulit. Berikut  ini langkah – langkah membuat masker lembut untuk kulit:

  • Haluskan 1 buah pisang yang sudah matang
  • 1 sedok teh perasan jeruk lemon / perasan jeruk (jeruk lemon untuk mencerahkan kulit, jeruk biasa untuk mencegah penuaan dini / anti aging)
  • 1 sendok teh madu / yogurt (madu untuk mencerahkan kulit, yogurt untuk mengencangkan kulit)
  • Campurkan semua bahan
  • Oleskan perlahan pada kulit. Diamkan lebih kurang 15 menit.
  • Bilas sampai bersih dengan air dingin

Lakukan beberapa kali dalam sebulan untuk mendapatkan hasil yag optimal.

  1. Buah Pisang Merawat Mata yang Lelah

Untuk mata yang kelelahan karena banyak membaca, banyak bekerja dengan komputer, atau kurang tidur, buah pisang juga dapat membantu mengatasinya. Ikuti langkah – langkah berikut ini:

  • Haluskan setengah buah pisang yang sudah matang
  • Oleskan perlahan pada daerah sekitar mata
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih. Mata akan terasa segar dan lingkar hitam kelelahan di sekitar mata akan hilang.

Lakukan saat mata anda terasa lelah dan terlihat sembab. Kandungan potassium yang tinggi pada buah pisang akan mengurangi cairan yang terjebak pada jaringan kulit di sekitar mata,

  1. Buah Pisang Menjaga Kesehatan Jantung

Penyakit jantung adalah penyakit yang sangat ditakuti, karena penyakit ini menyebabkan banyak kematian mendadak. Bagaimanakah buah pisang dapat menjaga kesehatan jantung anda? Menurut beberapa penelitian yang telah dilakukan, asupan kalium (potassium) yang terkandung di dalam buah pisang sebanyak 1,3 – 1,4 gram per hari dapat menurunkan resiko terkena serangan jantung dan menjaga tekanan darah dalam kondisi yang stabil. Selain itu buah pisang juga mengandung antioksidan yang mengurangi resiko akan terkenanya penyakit – penyakit lain yang berhubungan dengan jantung.

  1. Buah Pisang Menghindari Resiko Kanker

Apabila kita mendengar tentang penyakit kanker, maka akan timbul ketakutan di dalam benak kita. Karena kita semua tau bahwa penyakit kanker adalah penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan. Kabar baik dari buah pisang, bahwa vitamin C yang ada pada buah pisang dapat menangkal radikal bebas yang merupakan penyebab penyakit kanker. Buah pisang juga mengandung serat yang sangat dibutuhkan oleh usus besar kita agar terhindar dari kanker usus besar (colon cancer).

Masih banyak lagi manfaat buah pisang untuk kecantikan dan kesehatan tubuh kita. Buah pisang juga dapat mengurangi stress, memutihkan gigi, menyembuhkan diare, menguatkan tulang, dan menjaga kesehatan otak.

Demikianlah artikel singkat tentang tips cantik dan sehat dari buah pisang kali ini, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi anda yang membacanya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here