tabulampot jeruk

Buah jeruk selalu kita jumpai setiap hari di pasar, supermarket ataupun pedagang di pinggir jalan. Jeruk seolah tidak ada musimnya karena selalu ada sepanjang tahun.

Jeruk (Citrus) adalah buah yang dagingnya mempunyai rasa asam dan segar, namun ada beberapa jenis jeruk yang rasanya manis. Rasa asam pada jeruk di sebabkan oleh kandungan asam sitrat yang terdapat pada semua jenis jeruk.

Jeruk berasal dari Asia Timur dan Asia Tenggara. Jeruk mempunyai banyak jenis, hal ini disebabkan oleh perkawinan silang antar jenis jeruk yang berbeda dan menghasilkan spesies baru, memiliki karakter khas yang berbeda dari indukan lamanya. Oleh sebab itulah tidak di ketahui dengan jelas ada berapa jenis jeruk saat ini.

Jeruk sangat kaya akan vitamin C. Adapun manfaat jeruk bagi manusia adalah sangat banyak dan beragam, di antaranya daging jeruk dapat di makan langsung, dapat juga dijadikan campuran minuman, campuran makanan,dan dijadikan campuran kosmetik. Kulit jeruk dapat dijadikan sebagai obat tradisional sementara daunnya di jadikan rempah untuk memasak.

Pasti akan sangat senang sekali seandainya di sekitas pekarangan rumah terdapat pot – pot yang berisi pohon jeruk dengan buah yang lebat dan manis, berikut ada beberapa tips jitu menanam jeruk manis di pot. Berikut beberapa tipsnya.

Berikut ini Tips Jitu Menanam Jeruk Manis Dalam Pot

1. Gunakan Sistim Vegetatif atau Okulasi

Bibit jeruk dapat diperoleh secara generatif (dengn biji) dan Vegetatif (dengan okulasi/cangkok).

  • Untuk penanaman didalam pot, sebaiknya gunakan sistim okulasi agar tidak memakan waktu terlalu lama dan hasil buahnya sama persis dengan induknya.

2. Gunakan Tanah Kebun yang Subur

  • Sebaiknya gunakan tanah kebun yang subur dicampur dengan pupuk kandang dan sedikit pasir.
  • Siapkan pot dengan ukuran yang agak besar agar akar pohon dapat berkembang dengan leluasa.

 

3. Teknik Penanaman yang Benar

Pada saat penanaman ada beberapa teknik yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Beri pecahan genting pada dasar pot, kemudian tutup dengan tanah yang telah di campur pupuk kandang hingga 1/3 bagian pot.
  • Bibit yang ada pada polybag sebelumnya pangkas sebagian pada akarnya terlebih dahulu sebelum di masukkan ke pot. Kemudian masukkan ke pot dengan perlahan – lahan.
  • Setelah itu tutup dengan tanah yang telah di campur pupuk kandang, padatkan, kemudian siram secukupnya dan jangan terlalu banyak.

 

4. Teknik Perawatan yang Benar dan Teratur

Ada beberapa teknik perawatan yang benar, antara lain:

  • Penanaman jeruk manis dalam pot memerlukan pencahayaan minimal 5 jam per hari, oleh sebab itu letakkanlah di tempat yang terkena sinar matahari yang cukup.
  • Lakukan penyiraman secara teratur, minimal 2 kali sehari, pada pagi dan sore hari.
  • Untuk pemupukan lakukan rutin setiap 4 bulan dengan pupuk NPK sebanyak 25gram, seiring bertambahnya usia tanaman naikkan menjadi 50gram, 100gram. Begitu seterusnya.
  • Lakukan pemangkasan untuk penampilan, menghilangkan ranting – ranting yang kering dan terserang hama, selain itu untuk membentuk cabang.
  • Pengaturan cabang menggunakan sistim 1-3-9 di tambah 3 cabang tersier darai setiap cabang sekunder. Jarang masing – masing cabang primer lebih kurang 10cm. Cabang primer, sekunder, dan tersier dipangkas dengan jarak 30-50cm dari pangkal cabang.
  • Re-potting atau penggantian pot sebaiknya dilakukan setelah tanaman berumur 3 – 4 tahun dan untuk selanjutnya setiap setahun sekali.
  • Cara re-potting harus di perhatikan. Caranya: pangkas 1/3 cabang tanaman, jangan disiram dan biarkan selama 2 – 3 hari. Angkat tanaman dari pot lama dan buang sebagian media tanam. Persiapkan pot baru yang lebih besar sebagai pengganti media tanam yang lama.

5. Teknik Panen yang Benar

Teknik panen yang harus di perhatikan antara lain:

  • Waktu panen yang baik adalah saat pagi hari
  • Jarak potong tangkai buah sekitar 2mm (untuk tangkai yang terlalu panjang atau terlalu pendek).
  • Gunakan gunting untuk memetik buah agar tidak merusak tangkai untuk mempersiapkan buah berikutnya.
  • Pilih buah yang berwarna kuning, jika ditekan buah tidak terlalu keras, berbunyi nyaring jika dijentik, kira – kira berusia 8 bulan sejak bunga mekar.
  • Jangan memanen buah terlalu lama melewati masa panen dan membiarkannya di pohon, karena akan mengakibatkan sari buah berkurang.
  • Jika terdapat hama atau kutu sebaiknya segera pangkas rantingnya agar tidak menyebar ke ranting atau bagian pohon lainnya.

Nah, setelah membaca beberapa teknik yang ditulis diatas silahkan anda mulai mencoba menanam jeruk manis di dalam pot, akan terlihat indah dan menimbulkan kepuasan tersendiri jika berhasil panen dengan buah yang banyak dan manis.

Demikianlah artikel singkat tentang beberapa tips jitu menanam jeruk manis di pot ini, semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here