me time ibu rumah tangga

Tips Me Time ditengah hiruk pikuk menjadi seorang ibu rumah tangga memang tidak berkesudahan. Ada saja yang harus dikerjakan, diperhatikan, dikhawatirkan dan ditata kembali. Rasa jenuh pasti ada, dan seorang ibu rumah tangga sangat memerlukan waktunya sendiri untuk lepas sejenak dari pekerjaan rutinnya.

Namun, pekerjaan yang terlalu menyita waktu, dan situasi lain yang memicu stress yang perlahan muncul bisa membuat waktu luang untuk sendirian tak kunjung tiba. Saat ini terjadi maka tubuh dan pikiran perlu istirahat sejenak dan kadang tidak bisa ditunda. Ada banyak cara untuk menyegarkan pikiran atau mengurangi tingkat stress akibat beban rutinitas, termasuk salah satunya dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri.

Berikut tips me time untuk ibu rumah tangga yang dapat Anda coba

coffee time

  1. Fokus pada pikiran Anda yang memerlukan istirahat dari semua kesibukan.

Saat Anda merasa lelah baik pada tubuh dan dan pikiran, maka mulailah untuk istirahat sejenak dari semua kesibukan Anda. Pikiran juga memerlukan pelepasan.

  1. Tetapkan waktu untuk sendiri.

Pilih sendiri waktu Anda. Mau satu jam, tiga jam atau satu hari. Mau saat akhir pekan atau hari libur kejepit. Tetapkan saja.

  1. Tetapkan tempat.

Mau di dalam rumah, di teras rumah, di taman kota tempat tinggal Anda, tempat hiburan, mall, dan lain-lain. Yang penting tempatnya nyaman menurut Anda.

  1. Tetapkan apa yang akan Anda lakukan.

Ingin mengundang teman untuk sekedar mengobrol? Silakan. Ingin sendirian dengan buku dan majalah favorit Anda? Tidak masalah. Melakukan hobby lama Anda? No problem. Bahkan jika Anda hanya ingin sendirian dan tidak melakukan apa-apa juga tidak masalah. Selama itu nyaman untuk tubuh dan pikiran Anda.

  1. Atur pekerjaan Anda.

Jika memungkinkan untuk mendelegasikan pekerjaan di rumah, lakukanlah.

  1. Katakan pada seisi rumah bahwa Anda memerlukan waktu sendiri dan tidak ingin diganggu.

Matikan internet dan sosial media. Namun tetapkan nomor darurat dalam telpon genggam Anda untuk dapat dihubungi kapan saja.

  1. Hindari hal-hal negative yang terlintas dalam pikiran Anda.

Yang ini kadang terlintas begitu saja di pikiran dan bisa mengganggu. Jika ini terjadi; katakan pada diri Anda bahwa Anda sedang mencari solusi hal yang mengganggu tersebut.

  1. Lakukan hal baru yang membuat pikiran anda nyaman.

Mungkin Anda sempat tertarik dengan kegiatan baru namun belum sempat melakukannya? Nah sekaranglah waktunya untuk mencoba.

  1. Lakukan secara rutin.

Jangan biarkan kesibukan menyita waktu dan pikiran anda terus menerus. Namun tetapkan waktu sendiri Anda secara rutin supaya Anda terhindar dari stress yang berkepanjangan dan selalu berpikir positif.

Waktu untuk sendiri bukanlah hal yang egois atau remeh atau buang-buang waktu. Waktu untuk sendiri adalah waktunya untuk kembali bersahabat dengan tubuh dan pikiran Anda. Nikmatilah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here