tips-merawat-kulkas

Hai ibu-ibu, tak lengkapkan ya rasanya punya perabotan rumah, kalau belum ada kulkas. Tapi kalau sudah punya, penting lho untuk merawatnya. Nah, ini adalah tips merawat kulkas yang saya sarikan dari pengalaman ngurusin kulkas lebih dari 10 tahun.

Saat ini kulkas terdiri dari model cantik berwarna-warni, ukuran yang berbagai macam dan harga yang bisa disesuaikan dengan dompet. Namun fungsinya tetap belum berubah, untuk membekukan dan mendinginkan makanan atau minuman sehingga menjadi lebih tahan lama.

Sebenarnya apa yang harus diperhatikan soal kulkas? Sebelum membeli, pastikan hal berikut ini:

  • Jenis kulkas seperti apa yang Anda butuhkan.
  • Tentukan ukuran kulkas yang sesuai dengan ruangan tempat Anda menempatkannya nanti.
  • Perhatikan pula daya listriknya, karena kulkas akan menyala 24 jam penuh.
  • Yang paling penting tentu saja garansi. Perhatikan berapa lama garansi berlaku, dan bagian mana saja yang diberikan garansi. Beberapa kulkas hanya memberikan garansi pada bagian-bagian tertentu pada kulkas.

Namun seperti halnya semua barang elektronik, kulkas punya jangka waktu maksimal untuk berfungsi dengan baik. Ada kulkas yang dapat bertahan tidak sampai sepuluh tahun, namun ada pula yang dapat bertahan hingga lebih dari itu. Kulkas di rumah kami misalnya, sudah berusia lebih dari 10 tahun, hanya butuh perawatan rutin dan perawatan ekstra ketika suatu kali kena mati listrik beberapa kali dalam sehari; bukan salah kulkasnya dong ya.

Lalu, bagaimana cara merawat kulkas?

Berikut tips merawat kulkas dari saya:

  1. Kulkas terdiri dari pendingin dan freezer. Pendingin biasanya hanya mendinginkan atau menyegarkan bahan makanan, sementara freezer untuk membekukan makanan atau minuman. Anda dapat mempelajari dua fungsi ini dalam buku manual kulkas yang Anda miliki.
  2. Letakkan makanan dalam kantung atau kontainer plastik bening sehingga Anda dapat melihat isinya dengan mudah.
  3. Bersihkan kulkas dan pendingin minimal sekali sebulan . Beberapa kulkas memiliki kristal es yang tebal dalam freezernya. Nah, cabut kabel kulkas sebelum dibersihkan dan tunggu bunga es dalam freezer mencair sehingga mudah diangkat. Jangan gunakan benda tajam untuk memaksa mengangkat bunga es. Ruangan bisa tergores sehingga mengurangi fungsi pembeku.
  4. Untuk menghindari bau tak sedap, Anda dapat menggunakan pengharum kulkas merk tertentu yang tersedia di pasaran. Atau jika Anda ingin bahan alami, gunakan jeruk. Namun jeruk tidak dapat disimpan lama di kulkas. Hal yang paling ampuh adalah lebih baik tidak menyimpan benda yang berbau menyengat dalam kulkas. Bersihkan pula bagian luar kulkas.
  5. Tidak semua bahan makanan perlu disimpan dalam pendingin atau freezer. Periksa dengan teliti mana yang dapat disimpan dalam kulkas dan mana yang lebih baik disimpan dalam suhu ruang.
  6. Sebaiknya buat daftar makanan yang Anda simpan dalam kulkas dan tempelkan di pintu kulkas. Gunanya adalah supaya dapat menyusun menu dengan mudah. Makanan yang terlalu lama di dalam kulkas akan ditumbuhi jamur dan bakteri yang tentu saja berbahaya untuk tubuh. Kadang kita lupa apa saja yang telah disimpan di kulkas, sehingga saat bersih-bersih kita akan menemukan makanan yang sudah sangat lama disimpan, terlupakan dan tidak bisa dikonsumsi lagi.

Kulkas yang selalu bersih dan diperhatikan perawatannya akan tahan lama. Makanan yang disimpan juga terjamin higienisnya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here